• Jl. Diponegoro Gg II No 62 A Winong Pati 59112 Jawa Tengah - Indonesia
  • Electrolux fresh food refrigerator drawer has Signature Soft-Arc drawer
  • Sekarang AC tidak lagi membuat kulit kering, dengan hadirnya AC bervitamin C produk Electrolux maka AC mampu menjaga kelembutan kulit.

Rabu, 28 Juli 2010

REFRIGERAN

Refrigeran atau bahan pendingin merupakan suatu jenis zat yang mudah di ubah wujutnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jika dianalogikan, refrigeran didalam sistem pendingin seperti 'darah' didalam tubuh manusia. Refrigeran bersikulasi terus-menerus melewati komponen utama AC ( kompresor, kondensor, pipa kapiler, dan evapator ). Selama tidak ada kebocoran sistem, jumlah refrigeran yang bersikulasi tidak akan pernah berkurang.
Beberap merek dan produsen refrigeran yang beredar di pasaran adalah freon di produksi oleh E.I DuPond ( amerika ), forane oleh Elf Atochem ( australia ) dan Klea oleh ICI Americas ( amerika ). Diantara mrek yang di sebut diatas, freonlah yang sering digunakan atau paling populer di indonesia sehingga kita seringkali menggunakan istilah 'freon' untuk menyebut refrigern atau bahan pendingin.
Jenis refrigeran di bedakan menjadi dua refrigern 22 ( R-22 ) dan refrigeran 410A ( R-410A ), di bawah ini tabel perbedaan mendasar antar R-22 dengan R-410A

1 komentar:

  1. apakah R22 bisa dignti dgn R-410A dan sebaliknya, dan apakah tidak merusak kompresor. thk's...

    BalasHapus